April 07, 2009

Teh, Minuman Kesehatan '3 In 1'


KapanLagi.com - Guru besar pangan dan gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan, mengatakan teh adalah minuman kesehatan yang perlu kembali dikampanyekan kepada masyarakat karena manfaatnya yang berganda.


"Teh, terutama teh hitam, mempunyai tiga manfaat sekaligus atau 3 in 1 yakni mengandung air, membawa antioksidan cathecin, dan menghasilkan theaflavin yang meningkatkan produksi antioksidan alami di tubuh," kata Ali.

Menurut dia, saat ini iklan yang bombastis tentang air mineral sebagai air kesehatan sedikit membuat citra teh sebagai minuman kesehatan memudar.

"Padahal kalau kita mengkonsumsi air mineral, itu artinya kita hanya memperoleh air. Sementara kalau kita mengkonsumsi teh hitam, maka kita tentu saja mendapat air, catechin, dan theaflavin," katanya.

Lebih lanjut pria kelahiran 1960 itu menjelaskan bahwa antioksidan di dalam teh hitam menghambat proses oksidasi kolesterol, dengan kata lain zat antioksidan membuat kolesterol batal menumpuk di pembuluh darah.

Bila kolesterol banyak menumpuk di pembuluh darah, terutama di pembuluh darah jantung, maka tentu saja resiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke semakin tinggi.

Saat ini diperkirakan produksi daun teh kering di seluruh dunia mencapai 2,5 juta metrik ton, dan sekitar 78% di antaranya berupa teh hitam. Sementara teh hijau 20% dan 2% teh oolong.

"Orang dulu sudah terbiasa minum teh lebih dari dua cangkir sehari, dan itu adalah kebiasaan yang sangat menyehatkan," ujar Ali.

Ia menyebutkan dengan mengkonsumsi satu dan dua cangkir teh sehari, peluang terkena penyakit jantung koroner dan stroke bisa ditekan hingga 40%.

Selain itu masih ada lagi manfaat teh yang lain, diantaranya:

- Mendinginkan kulit yang terbakar matahari

Jika Anda kelupaan pakai tabir surya dan sudah terlanjur berpanas ria di pantai, tentunya kulit kita akan memerah terbakar, bagaimana cara menanganinya? Tempelkan saja beberapa kantung teh basah, dan rasa terbakar yang ada akan berkurang. Cara ini juga bisa dipakai untuk merawat luka bakar ringan seperti kena uap panas atau terkena setrika. Jika kulit yang terbakar matahari sudah sangat luas, coba rendam beberapa kantung teh dalam bak mandi, dan berendamlah!

- Melegakan mata lelah

Mata Anda yang lelah, sakit atau bengkak. Akan terasa nyaman dengan cara ini: rendam dua kantung teh dalam air hangat, dan tempelkan ke mata Anda, (tertutup) selama 20 menit. Tannin dalam teh akan mengurangi bengkak dan meredakan kelelahan mata.

- Mengurangi sakit luka gores

Misalnya Anda lupa salah meletakkan silet untuk bercukur, dan akibatnya Anda tergores. Goresan luka tadi biasanya sangat perih, cara paling nyaman adalah meletakkan kantung teh basah di tempat yang terluka.

- Menghitamkan rambut

Cara yang sederhana dan murah, tanpa membuat Anda harus membayar mahal untuk menghitamkan kembali rambut. Celupkan 3 kantung teh dalam 1 mug air panas. Tambahkan rosemary dan sage masing-masing 1 sendok makan, biarkan semalam, dan kemudian saring. Keramas dan bilas rambut Anda, setelah kering, semprotkan cairan teh tadi ke seluruh rambut sampai basah. Keringkan rambut, dan jangan dibilas. Jangan sampai mengenai kulit. Gunakan beberapa kali sampai rambut bisa kembali hitam.

- Membantu masalah rambut kering

Untuk rambut kering, atasi dengan cara membilas rambut Anda (setelah keramas) dengan larutan ini: satu liter air hangat dan satu kantung teh biasa.

- Mengeringkan bisul

Setelah teh direbus, tempelkan kantung teh yang basah di bisul, setelah semalam, bisul yang ada akan mengering tanpa rasa sakit pada saat Anda terbangun esok harinya.

- Mengurangi rasa sakit di puting payudara akibat menyusui.

Tidak jarang ibu yang menyusui merasa sakit di putingnya. Cara mengatasinya mudah, celupkan teh ke air panas, kemudian angkat kantungnya dan letakkan ke dalam wadah berisi es batu. Setelah itu letakkan di puting yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.

- Mengurangi sakit gusi

Gusi berdarah selain perih memang tidak menyenangkan. Coba kompres dengan kantung teh basah yang dibasahi air dingin.

- Mengurangi sakit bayi dari suntikan

Setelah imunisasi, pasti bayi menangis khan? Nah, coba basahi kantung teh, dan tutupkan di bekas luka suntikan. Tahan perlahan sampai tangis mereda.

- Menghilangkan bau kaki

Hilangkan dengan cara merendam kaki dalam larutan teh. Buat larutan teh kental dengan cara merendam beberapa kantung teh. Rendam kaki selama 20 menit, bau kaki akan hilang secara perlahan.

- Gunakan sebagai mouthwash

Untuk mengurangi sakit gigi, kumurlah dengan teh peppermint yang dicampur dengan garam seujung sendok. Peppermint selain meredakan sakit, juga berfungsi sebagai antiseptik.

- Membersihkan perabot kayu dan lantai

Teh segar baik sekali untuk membersihkan perabot kayu dan lantai. Rebus beberapa kantung teh dalam satu liter air dan biarkan dingin. Gunakan kain lembut dan celupkan dalam larutan, lalu peras, gunakan kain lembab tadi untuk membersihkan perabotan. Keringkan dengan lap kering dan lembut.

- Membersihkan cermin

Untuk membersihkan cermin, buatlah teh kental, biarkan dingin, dan gunakan untuk membersihkan cermin. Lembabkan kain lembut dengan teh tadi, dan gunakan untuk mengelap permukaan cermin. Kemudian keringkan dengan lap kering yang lembut.

- Memperkuat tanaman mawar

Taburkan teh yang sudah digunakan ke tanaman mawar Anda dan siram seperti biasa. Asam tannin yang ada dalam teh adalah nutrisi yang sangat berguna bagi mawar.

Selain manfaat yang sudah tak sebutin di atas masih ada lagi manfaat teh bagi kesehatan tubuh kita, antara lain sbb:

Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Telah dibuktikan oleh para ahli jika teh amat hebat dalam membersihkan darah dan memperlancar proses pengangkutan oksigen di dalam darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda ditunjukkan jika seseorang meminum dua hingga tiga cangkir teh tiap hari, maka dia akan memiliki resiko terkena serangan jantung lebih kecil daripada orang yang tidak minum teh sama sekali.

Mencegah Penyakit Kanker dan Diabetes

Kandungan zat polyphenol yang ada di dalam teh dipercaya dapat menghambat terjadinya mutasi sel kanker. Zat tersebut juga menetralisir radikal bebas sehingga daya tahan tubuh kita meningkat. Kadar gula dalam darah juga bisa diturunkan oleh kandungan dalam teh hitam. Teh hitam ini juga meningkatkan kadar insulin sehingga mencegah penyakit diabetes.

Menguatkan Tulang + Gigi

Ternyata bukan cuma susu yang bisa menguatkan tulang, teh pun bisa mencegah tulang agar tidak cepat rapuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang baru-baru ini menunjukkan jika seseorang yang meminum teh dengan rutin selama 10 tahun akan memiliki tulang yang kuat. Thanks to zat phytochemical yang terkandung dalam teh. Tak hanya tulang, tetapi juga gigi kita. Kandungan flouride yang cukup tinggi di dalam teh bisa mencegah timbulnya karang gigi dan membuat gigi kita lebih kuat. Sebaiknya, kita meminum teh tanpa menggunakan gula.

Mengurangi Sakit Gusi

Selain menguatkan tulang dan gigi, teh juga bisa membantu mengurangi sakit gusi. Caranya, kompreskan saja gusi dengan kantong teh yang dibasahi dengan air dingin. Rasakan saja beberapa saat kemudian, pasti rasa sakit di gusi akan berkurang.

Menyegarkan Badan

Kandungan kafein teh yang tidak terlalu tinggi membuat tubuh kita tidak mudah sakit kepala dan susah tidur. Jadi, tubuh kita bisa jadi lebih segar setelah mengonsumsinya.

Awet Muda + Nggak Bikin Gemuk

Antioksidan yang terkandung di dalam teh merupakan sebuah kandungan penting yang bisa melindungi tubuh dari polusi. Dengan begitu, tubuh kita akan terhindar dari penuaan dini. Plus lagi, karena teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, maka minum teh tidak akan membuat badan kita melar alias menggemuk.

Yuk, sekarang kita budidayakan minum teh sebelum beraktifitas :)

Jangan lupa tinggalin comment yach,,,

3 comments:

thepenk 7 April 2009 11.15  

sekarang kan aq sering konsumsi teh, bahkan tiap hari.. mmm, menurut kamu ada efek minusnya g? mungkin kalau minum terlalu banyak gimana? yang aq takutkan dari pemakaian gulanya itu sendiri, pikirku bisa kelebihan kadar gula..

manja 8 April 2009 09.00  

ya sebaiknya klo minum teh jangan terlalu manis donk,,nanti kan klo kelebihan gula malah bahaya,,klo teh sendiri bila dikonsumsi dalam jangka panjang malah bisa mencegah timbulnya penyakit kanker, juga dapat mencegah kegemukan dan hati yang berlemak, selain itu buat wanita yang berusia 65-76 tahun juga dapat memproteksi terhadap flaktura tulang pinggul.:)

Ghustie Samosir 11 April 2009 17.17  

wah ini tips yang menarik nich, emang sich setau gw teh itu emang menyehatkan banget
tapi jangan berlebihan juga, biasanya khan yang berlebihan emang gak bagus :D

Posting Komentar

tukeran link yuk,,,

Photobucket

Followers

About Me

Foto saya
"Hidup harus ada rencana, jangan biarkan hidup kita berlalu begitu saja tanpa ada rencana, kita butuh tumbuh dan meremajakan diri dan pikiran, agar menjadi manusia unggul. jangan biarkan kita membatu tanpa ada rencana dan cita-cita"

  ©Template by Dicas Blogger.